Monday 13 February 2017

Tutorial Flashing Xperia M5 Dual/Single

Tutor Flashing Xperia M5
Pertama-tama saya kasih tahu dulu ya:
Saya tidak bertanggungjawab apabila device anda-anda sekalian Hard Bricked dikarena salah flash!!!
Jadi baca baik-baik step by step yang saya buat ini dan resiko tanggung sendiri ya!!!
Tutor Flashing Sony Xperia M5 Single / Dual :
1. Download dulu Flashtool terbaru disini : http://www.flashtool.net/downloads.php
( Saat ini versi tebaru Flashtool adalah 0.9.22.3, sejak versi 0.9.20 Flashtool sudah support M5 )
2. Setelah terdownload, maka install, lalu jalankan FlashTool.exe untuk sistem 32bit dan FlashTool64.exe untuk sistem 64bit.
( Default directory Flashtoolnya ada di C:\Flashtool )
3. Bagi yang belum punya Firmwarenya bisa download dulu melalui Aplikasi Flashtoolnya pada ikon paling ujung yang berlambang "XF".
Setelah ikon tersebut diklik maka XperiFirm akan berjalan, nah diXperiFirm ini pilih model handset yang mau kita download firmwarenya.
Nah karena tutor ini untuk M5, maka pilih Xperia M5, lalu pilih Model Number sesuai handset sobat sekalian, Ingat disini penting, jadi jangan sampai salah pilih!!! Lalu pilih CDA yang diinginkan.
Saya sarankan pakai yang PT. Erajaya Swasembada Tbk ID untuk region ID.
4. Setelah firmware terdownload, buka folder dimana firmware tadi disimpan. Lalu delete "fwinfo.xml", Penting ya "fwinfo.xml" harus didelete sebelum dicreate bundle.
( Kalau tidak maka file firmware yang sudah dicreate bundle nantinya bakal korup dan bisa menyebabkan Hard Bricked )
5. Setelah selesai maka sekarang kita lanjut ke Create Bundle agar mendapat file "ftf". Pada menu Flashtool klik Tools - Bundles - Create.
Lalu Select source folder ( arahkan ke folder tempat firmware yang sudah didownload tadi ), selanjutnya isi sesuai dengan Device kita masing-masing berdasar info dari XperiFirm tadi.
Lalu select all semua yang ada pada "folder list" ke "firmware content", lalu Create.
6. Setelah selesai biasanya secara default, file ftf tersebut akan tersimpan di C:\Users\"UserName"\.flashTool\firmwares.
7. Nah sekarang proses flashingnya, pada Flashtool klik ikon Petir, lalu pilih flashmode ( disini pastikan handset sobat semua sudah dalam kondisi off, tapi jangan colok ke PC dulu ).
Lalu pilih file ftf yang sudah dicreate tadi, saya sarankan melakukan "Clean Install" yaitu pada kolom "Wipe" centang semua ( Apps_Log, UserData, dll ). Maka Flashtool akan memproses ftf tadi. Tunggu.
8. Setelah muncul pop-up untuk colok handset, maka jangan dicolok dulu, penting!!! Pada handset dalam kondisi mati tekan dan tahan tombol "Volume Down", lalu colokan ke PC via USB Cable.
9. Jika anda baru pertama kali melakukan Flashing via Flashtool maka Driver "S1 Boot" akan diinstall. Bila instalasi S1 Boot gagal, jangan khawatir, ulangi lagi prosesnya dari step 7.
Karena aslinya walau gagal, sebenarnya "S1 Boot" Driver sudah terinstall ( Biasanya ini terjadi pada Windows 8.1 dan Windows 10 )
10. Tunggu hingga muncul progress bar pada bagian bawah Flashtool, setelah itu boleh dilepas tombol "Vol-Down".
11. Tunggu hingga selesai. Jika pada tengah-tengah proses Flashing ada tulisan "Unit XXXX not found in bundle" hiraukan saja, ini bukan masalah, lalu jika pada tengah-tengah muncul pop-up "A FSC script has found, do you want to use it?"
Maka pilih Yes, Penting!!! karena jika pilih no akan Bootloop jika device anda pakai chipset Qualcomm dan akan Hard Bricked kalau devicenya pakai chipset MediaTek.
12. Selesai. Xperia M5 anda sudah terflash. Handset sudah boleh dilepas, dan dinyalakan. Jangan khawatir kalau startupnya agak lama, itu wajar, memang agak lama.
Link Download Firmware Terbaru M5 Dual ( E5663 ) :
Marshmallow Build 30.2.B.1.21 / R3B CDA 1297-3900 :
Lollipop Build 30.1.B.1.55 / R8A CDA 1297-3900 :
FlashTool Build 0.9.22.3 for Windows :

No comments:

Post a Comment